Oleh: Wawank | 13 Juli 2010

Memilih Pompa air (water pump)

Pompa memiliki fungsi yang sangat penting dalam berbagai bidang, termasuk bidang produksi, pertambangan dan Rumah tangga..
Penggunaan pompa utamanya untuk warga masyarakat awam (keperluan rumah tangga) seperti pompa sumur, semi jet pump, jet pump dan pompa biasa. Beberapa hal yang diperhatikan dengan bijak pada saat ingin membeli suatu pompa, diantaranya
1. Pastikan Daya (watt) yang tertera pada spesifikasi pompa tersebut sesuyai dengan kebutuhan,..umumnya masih tercantum dalam satuan HP (horse Power) dimana satu HP = 736 Watt (0,736 kWatt)
2. Lihat kemamampuan /daya isap pompa tersebut (suction)..
3. Perhatikan Kapasitas alirannya (jumlah debit yang mampu dialirkan dalam suatu satuan waktu, biasanya liter/detik atau liter/menit..semakin besar kapasitas aliranya artinya lebih cepat penuh tangki air/toweran kita tuh..
4. Selanjutnya adalah membuat instalasi pipa yang efektif, sampaikan/ingatkan ke tukang sumurnya /pemasang pipanya , ini memang kelihatannya sepele tapi sangat mempengaruhi kinerja atau daya pemompaan dan pemakaian energi listrik yang kita dan tentunya juga berdampak pada pemakaian energi listrik/duit yang kita bayar ke PLN, apalagi TDL listrik naik. he..he..(bersambung…..)
rid


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: